Kelebihan WordPress Dibanding Platform Lain

Home » » Kelebihan WordPress Dibanding Platform Lain
Kelebihan WordPress Dibanding Platform Lain

Melanjutkan postingan saya sebelumnya yaitu langkah untuk mengoptimalkan SEO sebuah situs, kali ini saya mau menulis tentang kelebihan WordPress dibanding platform lain seperti Blogspot, Weebly, Jigsy, dan lainnya. Oh ya kelebihan WP yang saya maksud ini adalah WordPress.org untuk self hosting bukan WordPress.com yang gratisan hehehe.

Mungkin banyak blogger yang memilih Blogspot atau WordPress.com dalam membangun blognya karena gratis. Menurut saya tidak ada masalah dengan itu kalau Anda hanya ingin blogging saja. Tapi kalau ingin terlihat lebih pro dan kemudahan dalam kustomisasi menurut saya akan jauh lebih menguntungkan bila menggunakan script WordPress.org dengan hosting sendiri. Ok, ga usah panjang lebar, berikut ini adalah beberapa kelebihan WordPress dibanding platform lain:

1. Pilihan themes/ template berfariasi

Themes atau template sebuah situs salah satu faktor yang sangat penting. Ketika pengunjung masuk ke halaman situs Anda, kesan pertama yang mereka dapatkan adalah tampilan atau layout web. Themes yang simple dan menarik dapat membuat pengunjung merasa ingin berlama-lama di website Anda.

WordPress memberikan pilihan themes yang tidak terbatas, Anda dapat menggunakan themes gratis yang sudah disediakan dengan jumlah yang tidak terbatas. Tapi bila Anda ingin menggunakan themes yang lebih personal atau unik, Anda bisa mengedit sebuah themes gratis, atau bisa juga dengan membeli themes yang sesuai dengan keinginan Anda.

2. Fasilitas Plugins

Pada blog WordPress, Anda bisa menambahkan plugins-plugins tertentu untuk menambah kemampuan sebuah blog. Ada banyak jenis plugins pada WordPress dan memiliki fungsi masing-masing. Salah satunya adalah plugins All In One SEO Pack yang berfungsi untuk membantu optimasi web Anda di mesin pencari.

Masih banyak plugins yang bisa Anda gunakan untuk web/ blog WordPress sesuai dengan fungsi yang Anda butuhkan. Tidak dibutuhkan keahlian khusus untuk menginstal plugins ke dalam web WordPress Anda, cukup hanya menginstal lalu aktifkan plugins. Beberapa plugins akan membutuhkan setting, tapi kebanyakan plugins WordPress dapat disetting dengan mudah.

3. Struktur permalink yang ‘bersahabat’ dengan mesin pencari

Yang dimaksud dengan struktur permalink yang ‘bersahabat’ dengan mesin pencari adalah struktur permalink yang mudah dibaca oleh mesin pencari. Pada WordPress, kita dapat mensetting struktur permalink agar sesuai dengan judul artikel yang kita buat sehingga membuat setiap artikel kita mudah terbaca oleh mesin pencari, dan tentunya ini juga membantu SEO sebuah situs.

4. Support Widget

Ini adalah fasilitas untuk mengatur blok modul pada side bar atau footer blog WordPress kita. Anda dapat menambah modul pada sidebar dan mengatur widget sesuai keinginan dengan cara drag and drop, sangat mudah.

5. Kode HTML dapat diubah

Pada WordPress.com kita tidak dapat mengubah kode html yang sudah ada, namun untuk WordPress.org Anda dapat mengubah kode html di dalamnya sesuai keinginan, tentunya Anda harus mengerti coding hehehe. Pada kebanyakan themes WordPress, Anda perlu mengetahui tentang html – walau tidak harus ahli – agar tampilan blog atau web yang dibuat benar-benar sesuai dengan yang diinginkan.

6. Link management terintegrasi

Pada kebanyakan weblog pasti akan ada link atau tautan ke situs lain yang direkomendasikan. Dengan situs WordPress, Anda dapat memasang dan mengatur link ke situs lain dengan mudah.

7. Dapat membuat page dengan mudah

Saya pernah membuat blog di blogspot dan sampai artikel ini saya tulis saya belum berhasil bikin page khusus hehehe. Saya yakin pasti ada cara untuk membuat page khusus di blogspot tapi cara membuat page pada WordPress jelas jauh lebih mudah.

8. WordPress dilengkapi anti spam

Spammers adalah salah satu masalah yang sering menggangu saya. Banyak sekali spammers yang menggunakan software khusus untuk membuat komentar palsu agar link situs mereka berada pada halaman komentar. Saya kurang tau pendapat Anda, tapi menurut saya lebih baik tidak ada komentar di artikel saya dari pada komentarnya berasal dari spammers.

Untuk mengatasi para spammers ini, wordpress juga menyediakan plugins gratis yang bernama Akismet. Fungsi plugins ini adalah menahan semua komentar spam yang terkirim ke dalam blog kita. Cara instal plugins Akismet ini sangat mudah, dan membutuhkan registrasi untuk penggunaannya.

9. Tagging

WordPress juga dilengkapi fasilitas tagging yang bertujuan agar kita dapat memasukkan tag dengan kata kunci yang berhubungan dengan artikel yang dibuat. Tag tersebut tentunya akan membuat situs anda lebih mudah dikenali oleh mesin pencari, dan membantu SEO situs kita.

10. Multiple Authors

Ini adalah salah satu fitur WordPress yang sangat saya sukai. Kita bisa menambahkan penulis di blog WordPres dengan mudah dan praktis tanpa khawatir dengan keamanan situs kita. Seperti yang bisa dilihat di maxmanroe.com, saat ini blog ini punya 3 penulis dengan user name yang berbeda. Dua penulis lain dapat login dan memposting artikel tapi tidak memiliki kontrol atas blog maxmanroe.com.

11. Dapat memblok visitor dari IP tertentu

Saya pernah memblok beberapa IP setelah menemukan visitor dari IP tersebut melakukan SPAM melalui halaman komentar. Inilah kelebihan lain dari WordPress.org, selain dapat menahan komentar spam di kotak spam, kita juga bisa memblok IP spammers agar tidak bisa mengakses situs kita dikemudian hari hehehe.

12. Kita dapat melihat pengunjung situs

Anda pasti penasaran ingin mengetahui dari mana aja sih pengunjung situs Anda? Memasang google analytics adalah salah satu cara untuk mengetahui data tentang visitor situs kita, dan untuk itu Anda harus membuat akun google analytics dan memasukkan script google analytics ke dalam blog WordPress Anda. Tapi ada juga plugins yang bisa membantu untuk melihat asal visitor situs kita. Dengan menginstal satu plugins yang bernama Who’s Online, kita bisa melihat siapa dan dari mana asal visitor web kita.

13. Sangat Mudah Dalam Penggunaannya

WordPress sangat cocok untuk level pemula karena pengguna tidak diperlukan seorang yang ahli dalam coding dan script php untuk mengoptimalkan CMS WordPress. Selain untuk membuat blog, WordPress juga bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis website dengan tampilan dan fitur yang menarik, misalnya toko online, website perusahaan, web profile, dan lainnya. Walaupun begitu, WordPress tidak untuk semua jenis website.

Sebenarnya masih banyak kelebihan WordPress dibanding platform lain yang tidak bisa saya tulis di post ini. Menurut saya, memiliki situs WordPress dengan hosting sendiri akan lebih menguntungkan, selain akan terlihat lebih profesional, Anda juga bisa membuat brand Anda lebih dikenal. Bila Anda punya tambahan yang lain atau pendapat yang berbeda, silahkan posting di bagian komentar.

Back to Top


Share this article :