Malas Nge-blog? Bisa Jadi Inilah Penyebabnya

Home » » Malas Nge-blog? Bisa Jadi Inilah Penyebabnya
Malas Nge-blog? Bisa Jadi Inilah Penyebabnya

Blogging atau ngeblog dalam bahasa gaulnya, merupakan sebuah aktivitas mengelola blog dengan segala ruang lingkupnya seperti menulis konten, memoderasi komentar, mengupdate tampilan atau sekedar blogwalking. Blogging yang kini semakin eksis dan ramai dilakukan ini tentu kian menarik karena ternyata blog yang dikelola dengan baik bisa menghasilkan pendapatan dengan upaya monetisasi.

Namun sayang, meski dengan daya tarik monetisasi yang sedemikian rupa, masih saja banyak blogger yang enggan dan merasa malas untuk #blogging. Terlepas dari passion seseorang pada dunia blogging, ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi blogger malas melakukan kegiatan blogging. Berikut ulasanya.


1. Lama Tidak Menulis

Pisau yang lama tak dipakai akan berkarat dan akhirnya bisa tumpul. Begitu juga dengan menulis, jika lama tak dilakukan dapat mengakibatkan kemacetan dalam menulis dan akhirnya bisa menyebabkan munculnya rasa malas. Maka dari itu, blogger harus selalu aktif dalam menulis.

Salah satu cara untuk bisa aktif menulis adalah dengan membuat schedule atau jadwal menulis dengan target tulisan yang bisa Anda tentukan sendiri setiap minggunya. Dengan aktif dan rutin menulis, teknik menulis Anda akan terus terasah dan Anda akan terhindar dari rasa malas untuk menulis.

Artikel lain: 4 Tips Agar Pebisnis Tetap Produktif Menulis Konten Blog


2. Tidak Berusaha Untuk Mendapatkan Ide

Salah satu hal yang juga bisa memunculkan rasa malas dalam menulis adalah tidak berusaha untuk mendapatkan ide menulis. Tulisan memang membutuhkan sebuah ide untuk dieksekusi menjadi konten yang kemudian diposting dalam blog.

Tanpa ide, tak akan muncul tulisan, dan tanpa tulisan blog akan menjadi hampa. Dengan terus menerus berusaha mencari ide tulisan yang ditulis pada sebuah catatan kecil, maka tulisan pun akan berpeluang besar terposting. Itu artinya dengan adanya ide tulisan, Anda akan semakin dipacu untuk mengeksekusi ide tersebut menjadi tulisan. Sebaliknya, tanpa adanya ide, maka rasa malas pun akan menjangkiti Anda, karena mau menulis pun tak akan berjalan karena tak tahu apa yang mau ditulis.

Maka dari itu berusahalah untuk selalu mencari ide tulisan. Selain bisa membuat Anda terhindar dari rasa malas, berusaha mendapatkan ide tulisan juga akan bermanfaat bagi para blogger untuk mengasah daya stimulus Anda terhadap lingkungan.


3. Blog Kurang Ramai Pengunjung

Blog yang kurang mendapatkan visitor kadang kala juga membuat blogger merasa malas untuk terus ngeblog (blogging). Hal ini dikarenakan mereka (para blogger) ini menganggap bahwa apa yang telah dilakukannya sia-sia dan tak membuahkan hasil. Namun sebenarnya, jika memang dari awal Anda memulai blogging ini dengan niat yang tulus dan mau berusaha membuat blog Anda berkualitas, maka visitor akan berdatangan mengunjungi blog Anda secara otomatis nantinya.


4. Tampilan Blog Yang Lama Tak Diganti

Hal berikutnya yang dapat memunculkan rasa malas untuk blogging adalah tampilan blog yang terlalu lama tidak diganti. Beberapa blogger yang memang tidak menguasai ilmu modifikasi template blog seringkali akan terjangkit kejenuhan akan tampilan blog yang itu-itu saja. Dari kejenuhan yang terus-terusan mendera blogger ini bisa saja kemudian memunculkan rasa malas untuk melanjutkan kegiatan blogging.

Namun sebagai blogger sejati, seharusnya Anda tidak terpengaruh hanya pada tampilan blog. Tapi harus diakui tampilan blog yang menarik yang didapat dengan cara memodifikasi template ini akan membuat blogger menjadi semakin semangat untuk blogging dan pengunjungnya juga akan semakin betah berlama-lama menjelajah blog Anda.


5. Berawal Dari Ikut-ikutan

Blogging adalah aktivitas yang seharusnya datang dari hati dan keinginan blogger sendiri. Blogger yang melakukan blogging karena ikut-ikutan, biasanya akan cepat kelelahan dan akhirnya menemui rasa malas. Berbeda dengan mereka para blogger yang memang mengawali blogging dari minat, hobi atau kebutuhannya, mereka akan terus terpacu untuk menulis dan melakukan blogging secara rutin dan aktif.

Baca juga: 3 Hal Positive yang Bisa Dilakukan Seorang Blogger, Tidak Hanya Sekedar Ngeblog


6. Blog Tak Kunjung Membuahkan Hasil

Terakhir, hal yang membuat seorang blogger jadi malas untuk melanjutkan blogging adalah blog yang tak kunjung membuahkan hasil. Kondisi seperti ini biasanya dialami oleh para blogger yang sedari awal berniat membuat blognya menghasilkan uang (melakukan monetisasi blog). Memang harus diakui membangun sebuah blog monetisasi, membuat hasil menjadi begitu sangat penting.

Hal ini disebabkan mereka telah banyak berkorban dan mengeluarkan banyak biaya untuk membangun blog monetiasi tersebut. Namun sekali lagi sebagai blogger sejati seharusnya ada sebuah pemikiran yang harus terus-menerus ditambatkan yaitu bahwa penghasilan blog itu bukanlah segalanya, tapi saat blog dan konten kita bisa bermanfaat bagi banyak orang, tentu nilainya akan jauh lebih tinggi.

Back to Top


Share this article :