Robert Budi Hartono ~ Orang Terkaya Nomor 1 Di Indonesia

Home » » Robert Budi Hartono ~ Orang Terkaya Nomor 1 Di Indonesia
Robert Budi Hartono ~ Orang Terkaya Nomor 1 Di Indonesia

Sosok yang berkarakter dan mampu menunjukkan kapasitasnya sebagai pengusaha bertalenta mungkin itulah yang akan kita dapati dari seorang Robert Budi Hartono. Bagi anda yang belum tahu siapakah sosok beliau, mungkin anda akan terkejut bahwa ia telah menjadi salah satu tokoh bisnis nasional yang nama nya tercatat di daftar orang dengan kekayaan terbesar versi majalah Forbes. Dalam laman web resmi situs forbes tersebut terpampang dengan jelas bahwa ia merupakan miliuner terkaya nomer 131 versi Forbes. Dan bagaimana di Indonesia? Pria berusia 72 tahun tersebut telah mantab berada sebagai orang terkaya di negeri ini selama hampir beberapa tahun.

Hingga tahun ini kekayaan Robert Budi Hartono yang tercatat pada bulan maret 2013 telah mencapai 8,5 miliar dolar atau setara dengan 85 triliun rupiah. Angka yang mungkin bagi sebagian orang hanya ada dalam mimpi. Dan yang pasti jumlah kekayaan yang teramat besar tersebut didapatkanya dengan jerih payah serta determinasi tinggi sebagai seorang bisnisman sukses di Indonesia. Berikut sedikit kisah yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi kita bersama.


Sekilas Tentang Kehidupan Pribadinya

Lahir dengan nama asli Oei Hwie Tjhong pada tanggal 28 April 1940 di salah satu daerah tepi kota kudus, ialah pria yang kini bernama Robert Budi Hartono. Ayah nya adalah seorah pengusaha rokok bernama Oei Wie Gwan. Keluarga kecil nya terdiri dari ayah nya, ibu nya dan kakaknya Michael Bambang Hartono alias Oei Hwie Siang yang kini juga menjadi seorang miliyader sukses bersamanya.

Setelah beranjak dewasa, ia akhirnya bertemu dengan belahan hati yang akhirnya menjadi istri nya yaitu Widowati Hartono atau lebih akrab dengan nama Giok Hartono. Mereka dikaruniai 3 orang putra bernama Victor Hartono, Martin Hartono, dan Armand Hartono. Yang menarik adalah ketiga putra nya tersebut kini juga telah sukses menjadi pengusaha layaknya ayah mereka. Bahkan bungsu mereka, Martin Hartono kini merupakan salah sosok berperngaruh di situs forum populer Kaskus.

Artikel lain: Budiono Darsono ~ Pendiri Detik.com


Perjalanan Karir Robert Budi Hartono

Perjalanan karir sang triliuner Indonesia Robert Budi Hartono bermula ketika ia mendapatkan warisan dari ayahnya yang seorang pengusaha rokok. Pada saat itu ia yang masih berusia 22 tahun mendapat kan sebuah tantangan besar memegang sebuah pabrik rokok bernama Djarum Gramophon yang kini lebih dikenal sebagai pabrik rokok terbesar di Indonesia, Djarum.

Tahun pertama menjalani usaha warisan tersebut ternyata bukan sebuah pekerjaan yang mudah. Perusahaan warisan yang diberikan mendiang ayahnya tersebut bukan sedang dalam keadaan yang baik. Pabrik Djarum Gramophon tersebut baru saja mengalami kebakaran hebat yang hampir meludeskan semua asset perusahaan. Keadaan dimana banyak orang akan menyerah menghadapinya.

Namun tidak demikian dengan Budi dan kakaknya, mereka yakin bahwa Djarum masih bisa dihidupkan lagi. Dan dengan usaha nya mencari talangan dana dan inovasi bisnis yang cermat, pelan tapi pasti pabrik yang hampir “jatuh” itu pun bangkit dan lambat laun menjelma menjadi salah satu perusahaan tersukses yang ada di Indonesia. Bahkan kini produk rokok Djarum tidak hanya merajai pasar lokal namun telah merambah ke pasar Internasinal. Pencapaian besar yang didapatkan dengan jerih payah dan usaha keras beliau bersama kakaknya.


Ekspansi Bisnis Tiada Henti

Salah satu semangat yang kini menjadikan beliau orang terkaya di Indonesia bahkan sebagai salah satu profil tokoh besar dunia bisnis versi Wikipedia adalah semangat ekspansi bisnis nya yang tiada henti. Dengan semangat tersebut aliran pundi kekayaan kerajaan bisnis nya kini makin mantab dan hampir tidak tergoyahkan. Benar-benar semangat yang harus di contoh oleh generasi muda. Tidak takut bergerak dan terbang lebih tinggi.

Beberapa cabang bisnis yang telah digeluti Budi Hartono, dibawah bendera Djarum Group adalah diantaranya sektor perbankan, property, agribisnis, elektronik , multimedia, bahkan merambah ke dunia internet marketing. Dalam dunia perbankan, Djarum Group yang ia pimpin bersama kakaknya Bambang Hartono kini telah memiliki sebagian besar dari saham bank BCA.

Berikutnya pada sektor properti, perusahaan yang ia pimpin salah satu nya pernah ditunjuk dalam Mega proyek Grand Indonesia yang dilaksanakan pada tahun 2004 yang lalu. Proyek dengan nilai mencapai nilai 1,3 Triliun rupiah tersebut tentunya menjadi bukti bahwa kapasitas bisnis Djarum Group merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia saat ini. Tidak berhenti dalam sektor-sektor tersebut, kesuksesan di sektor lain seperti agribisnis, elektronik dan bisnis internet ditunjukan dengan sederet cabang perusahaan Djarum Group. Sebut saja Hartono Plantations Indonesia, Polytron atau Global Digital Prima Venture yang menjadi investor utama forum No. 1 Indonesia Kaskus.co.id.

Artikel terkait: Andrew Darwis ~ Founder Kaskus.co.id

Menjadi yang nomer satu di Indonesia seperti beliau mungkin masih jauh dari angan kebanyakan orang. Tapi yakin, banyak sekali hal positif yang bisa anda pelajari dari diri seorang Robert Budi Hartono, paling tidak untuk menjadi pribadi yang lebih baik, pribadi dengan semangat bisnis yang tidak pernah padam. Get inspired !

Back to Top


Share this article :